Penanganan Wasir

Ada beragam upaya untuk mencegah penyakit wasir. Namun bila wasir sudah terlanjur datang, dapat diatasi dengan minum obat atau suntik, hingga metode operasi. Apabila gejalanya masih ringan, dapat dihilangkan dengan banyak mengonsumsi makanan yang berserat dalam jumlah banyak secara teratur, misalnya sayuran, buah-buahan. kacang-kacangan, agar-agar, roti, dan sereal.
Hindari stres dan minumlah air putih minimal delapan gelas setiap hari. Hindari makanan pedas yang mengandung sambal dan jahe, karena dapat menyebabkan rasa perih saat buang air besar. Usahakan untuk mengurangi tekanan yang berlebihan pada perut. Jangan biasakan membaca pada saat buang air besar. Pilihlah olahraga yang memberi beban ringan pada perut dan anus, misalnya berenang. Hindari olahraga seperti voli, basket, sepak bola, dan angkat berat.
Setelah duduk lebih dari 3-4 jam, usahakan berdiri atau berjalan-jalan.

Namun bila wasir telah sampai pada tahap stadium tiga atau empat, maka tindakan terbaik yang harus dilakukan adalah operasi memotong dan membuang jaringan wasir.
Pada umumnya operasi masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu pembedahan dengan pisau dan gunting. dengan cara kemajuan teknologi kini operasi menghilangkan wasir sudah bisa dilakukan dengan teknik bedah laser, yaitu sinar laser sebagai alat potong dan pematri pembuluh darah (light amplification by stimulated emission of radiation), dan bedah stapler (hemoroid stapler) dimana wasir dipotong kemudian langsung dijepit supaya tidak berdarah lagi.

Keunggulan dari bedah laser, pasien tidak perlu di rawat inap, hanya memerlukan waktu 45 menit , tidak merasakan sakit seperti halnya bedah pisau, tidak menimbulkan jaringan parut, sedikit pendarahan dan pembengkakan berkurang. Bagaimana mengobati lukanya ? Cukup dengan obat oral, seperti halnya luka pada kulit lainnya, proses penyembuhannya memakan waktu antara 3-4 bulan, luka itu akan sama kuatnya dengan kulit atau jaringan sekitarnya. Pasien harus bisa menjaga pola makannya, jangan mengejan ketika buang air besar agar wasir tidak kambuh lagi.

Bukan mustahil, wasir juga bisa sembuh tanpa operasi. Menurut dr. Frans Tshai, Mahaguru dari Perguruan Chikung Kylin Budaya Indonesia, dengan tarikan dan hembusan napas yang pelan dan halus, juga dapat mengurangi penderitaan wasir.

Caranya ketika menarik napas kempiskan perut. Sebaliknya lepaskan tegangan pada perut ketika membuang napas. Anda tidak perlu menahan napas, begitu selesai menarik napas melalui hidung, lalu buang secara perlahan, juga melalui hidung. Tarikan dan hembusan napas tidak perlu samai terdengar. Bersamaan dengan hembusan napas, jangan lupa sambil tersenyum. Ulangi 9-18 kali hingga dubur anda mulai terasa panas. Latihan ini dapat dilakukan saat berdiri, duduk bahkan pada saat posisi tidur.
Lakukan latihan ini beberapa set setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba dan nikmati hasilnya.


=====================================

>>> Obat Ambeien (Wasir) Untuk Mengobati Ambeien, Mengurangi Pembengkakan dan Menghilangkan Rasa Nyeri Akibat Ambeien, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.