Obat Tradisional Wasir

Wasir bisa diobati dengan dua cara yaitu melalui operasi dan pengobatan alternatif.

Pengobatan alternatif biasanya menggunakan obat-obatan herbal yang berasal dari bahan alami.

Beberapa di bawah ini adalah obat-obatan herbal yang dipercaya ampuh dapat mengobati wasir :

1. DAUN UNGU (Graptophyllum pictum)

Akibat warna daunnya, ia tersohor dengan nama daun ungu. Menyebut namanya, ingatan langsung tertuju pada wasir atau ambeien.

Secara turun temurun, anggota famili Acanthaceae itu memang mujarab mengobati penyakit akibat membengkaknya bibir anus itu. Reputasi daun ungu sebagai antiwasirtak perlu diragukan “Daun ungu mengandung pektin untuk mengembangkan saluran cerna,

sehingga mempermudah defeaksi dan tidak menimbulkan luka atau peradangan”, ujar Prof Dr Sumali Wiryowodagdo Apt, guru besar Farmasi Universitas Indonesia.

Karena sangat dikenal sebagai obat wasir maka sering disebut pohon wasir. Selain untuk wasir tanaman ini juga biasa digunakan untuk mengobati sembelit dan beberapa penyakit lain yang berkaitan dengan ketegangan kulit. Khasiat daun ungu sebagai anti-hemoroid sendiri dibuktikan oleh Prof. Dr. H. Sardjono Oerip Santoso dari Farmakologi FKUI. Sebanyak 9-10 gram daun ungu segar kemudian direbus dalam 2 gelas air(600 cc) sampai menjadi 1 gelas rebusan dan diminum tiap hari 1 kali.

Lima hari kemudian, efek yang ditimbulkan oleh gejala hemoroid seperti nyeri, pendarahan, dan panas hilang tak berbekas. Fungsi tanaman obat ini dalam pengobatan wasir tampaknya dari sifatnya yang pencahar ringan yaitu menghambat penyerapan air di dalam lumen usus (laksatif ringan) dan pelembut kulit.

Bahan pencahar akan memudahkan pembuangan air besar sehingga mengurangi gesekan dengan kulit anus dan rektum sedangkan pelembut kulit akan mengurangi ketegangan dinding anus dan dinding vena di anus sehingga pembengkakan diratakan yang berarti mengempis. Daunnya juga mengandung zat lendir yang tampaknya semakin mengurangi gesekan feses dengan dinding anus. 2. DAUN DEWA (GYNURA SEGETUM) Tumbuhan ini dapat di tanam sebagai tanaman kesehatan keluarga, karena sangat mudah memelihara tumbuhan ini.

Tanaman ini memiliki sifat sebagai anti-koagulan (anti pembekuan darah), menstimulasi sirkulasi, mengehnetikan pendarahan, menghilangkan panas, memberishkan racun, anti karsinogen, anti-mutagenesis, diuretik(peluruh kencing).

Daun dewa sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Za-zat yang terkandung dalam daun dewa, diantaranya saponin, minyak atsiri, flavonoid, tannin, vanilat, polifenol, asam klorogenant, asam kalfeat, asam-asam p-kumarat dan asam p-hidroksi benzoate, alkaloid, triterpenoid, sterol, dan vitamin K.

Cara kerja daun dewa yang berfungsi mencairkan membekunya darah , menstimulasi sirkulasi darah, mengehntikan pendarahan, demam, efek farmakologisnya hingga menghilangkan racun yang ada ditubuh. Oleh karena itu, daun dewa dapat membantu menghentikan pendarahan paa penderita wasir sehingga mempercepat penyembuhan luka. 3. PEGAGAN (CENTELLA ASIATICA) Pegagan mempunyai banyak kegunaan sebagai herbal yang mengobati. Di Indonesia sendiri, pegagan selain dipakai sebagai herbal obat, juga dimakan sebagai lalap. Di Jawa disebut pacul gowang, rendeng, gagan-gagn, di Riau : pegago, kaki kuda, bahasa sunda : antanan, Aceh : pegaga, Batak : ampagaga, Bali : taidah, Irian : sandanan, Minang : pigago. Kandungan kimia yang terdapat dalam pegagan yaitu asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, tripeten, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, zat samak. Pegagan juga mengandung tripeten yang berfungsi membantu regenerasi sel kulit dan penyembuh luka; mencegah terjadinya peradangan dan alergi pada kulit. Kandungan tripeten pada pegagan inilah yang membantu mempercepat penyembuhan pada penderita wasir. 4. RUMPUT MUTIARA (HEDYOTIS CORIMBOSA) Kandungan kimia yang terdapat pad rumput mutiara adalah hentriacontane, stigmasterol, ursolic acid, oleanolic acid, beta-sitosterol, sitisterol-D-glocoside, p-coumaric acid, flavonoid glonoid glycosides, (Khastgir et al, 1960), dan baihuasheshecaosu(kemungkinan analog kumarin).

Rumput mutiara ini bermanfaat sebagai anti inflamasi dengan cara mengatasi iritasi pada jaringan yang terluka sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada penderita. Keempat formulasi dari daun ungu, dewa dewa, rumput mutiara, dan egagan inilah yang sangat efektif uhntuk membantu meringankan gejala wasir.


=====================================

>>> Obat Ambeien (Wasir) Untuk Mengobati Ambeien, Mengurangi Pembengkakan dan Menghilangkan Rasa Nyeri Akibat Ambeien, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Ambeien and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>