Obat Tradisional Ambeien

Sebenarnya wasir dapat diatasi dan disembuhkan tanpa harus melakukan operasi, yakni dengan cara alternatif menggunakan obat herbal tradisional yang berasal dari berbagai jenis tanaman atau tumbuhan herbal alami, untuk mengatasi ambeien atau wasir.

Di bawah ini adalah beberapa tanaman herbal asli untuk mengatasi ambeien/wasir :

1. Tanaman cocor bebek

Tanaman cocor bebek ini memiliki efek farmatologis berfungsi sebagai anti radang, mengurangi pembengkakan dan menghentikan pendarahan

Ramuan yang diperlukan : ambil 50 lembar daun cocor bebek, kemudian cuci bersih, lalu diangin-anginkan sampai kering. Setelah itu tumbuk sampai halus menjadi bubuk, simpan kembali dalam wadah tutup rapat. Cara penyajiannya adalah dalam satu cangkir air panas tambahkan satu sendok makan bubuk daun cocor bebek dapat ditambah madu sesuai dengan selera Anda, aduk rata. Ramuan tersebut diminum selagi hangat dan diminum 3 x sehari.

2. Ramuan yang diperlukan adalah

1 genggam daun saga, 1 genggam daun pegagan, 1 sendok teh bubuk daun patikan china, 1/2 sendok teh akar kelambak, 7 ruas jari rimpang temulawak, dan 1 gelas air. Semua bahan dimasak dengan 1 gelas air sampai mendidih lalu disaring dan tambahkan 1 sendok makan madu asli. Setelah hangat baru diminum. Ramuan ini dapat di buat sendiri dan untuk mendapatkan hasil yang mengesankan, minum ramuan ini 2 x sehari.

3. Urang-aring

Tanaman urang-aring paling banyak dimanfaatkan sebagai tanaman untuk menyuburkan rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat dan tebal. Ternyata dari bahan utama urang-aring dapat digunakan sebagai tanaman obat yang dapat membantu mengatasi ambeien.

Ramuan yang diperlukan :

7 buah urang-aring, 7 lembar akar patikan China, 7 lembar daun iler, 1 buah kayu ules, dan 1 gelas air. Kemudian seluruh bahan tersebut direbus dalam 1 gelas air sampai mendidih, lalu saring dan tambahkan 1 sendok makan madu asli. Minum ramuan tersebut 2 x sehari.

4. Tapak liman (Elephantopus scaber)

Daun tapak liman 0, 5 kg direbus dalam 1,5 liter air sampai mendidih, gunakan panci untuk merebus yang memiliki tutup panci berlubang di bagian tengahnya. Guna uap air yang keluar dari panci, lalu diarahkan tepat ke lubang dubur penderita ambeien. Lakukan cara ini 2x sehari. Bahan tersebut dapat digunakan kembali.

5. Buah tomat

Ambil beberapa buah tomat yang matang, cuci bersih dan potong menjadi beberapa bagian. Haluskan kemudian tambahkan minyak kelapa, diamkan selama 10 menit, kemudian saring dengan sepotong kain bersih. Setelah dingin olehkan pada benjolan wasir.

6. Lidah buaya (Aloe vera)

Lidah buaya memiliki efek farmatologis sebagai pencahar ( laxative ), anti-radang, melembutkan kulit. Selain lidah buaya digunakan perawatan kulit, ternyata lidah buaya dapat dijadikan obat untuk mengatasi ambeien. Caranya : Ambil beberapa lidah buaya, cuci bersih, kemudian di jus, tambahkan norit dan bubuk gambir secukupnya. Aduk rata, kemudian balurkan pada benjolan wasir atau pada dubur/anus. Cara lainnya : Daging lidah buaya di parut atau di jua, kemudian tambahkan segelas air panas dan 2 sendok makan madu asli, lalu saring dan minum hasil saringan tersebut.

7. Akar kangkung Yang paling baik adalah akar kangkung cabut. Kangkung memang dipercaya oleh orang tua terdahulu untuk mengobati wasir. Caranya dengan memilih akar kangkung cabut, cuci bersih lalu direbus sampai layu. Kemudian air hasil rebusan tersebut digunakan untuk membasuh dan membersihkan anus yang terdapat wasir.

Cara 1 :

Ambil beberapa genggam akar kangkung, tambahkan 1 sendok teh adas, pulasari 1/3 ruas jari. Kemudian rebus seluruh bahan tersebut. Kemudian rebus dengan 2-3 gelas air dengan api sedang, rebus hingga tersisa 1 – 1,5 gelas, diamkan sejenak hingga agak dingin, saring dan minum ramuan tersebut 2 x sehari.

Cara 2 :

Ambil segenggam kecil akar kangkung, cuci bersih, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1,5 gelas. Diamkan sejenak, minum sehari setengah gelas.

8. Akar terung ungu

15 gr akar terung ungu, lalu keringkan dan giling atau tumbuk hingga menjadi bubuk. Kemudian 3 gr bubuk akar terung ungu itu dicampurkan dengan bubuk sambiloto, jus lidah buaya secukupnya dan diaduk rata. Oleskan pada bagian wasir.

9. Pisang batu/ klutuk

Ambil 3-5 pisang batu muda, cuci bersih kemudian parut dan diperas. Air perasannya ditambah sedikit pulosari dan gula aren atau gula merah. Aduk rata, disaring, dan diminum 1-2 kali sehari.

10. Daun Pegagan

Daun pegagan memiliki Efek farmakologis sebagai Anti-infeksi yang menyejukkan. Daun pegagan biasanya banyak digunakan sebagai obat penguat lambung.

Jika digunakan untuk mengatasi wasir. Caranya :

Ambil segenggam daun pegagan yang masih segar, rebus dengan 3 gelas air, masak dengan menggunakan api sedang, sisakan sampai tinggal setengah gelas, dinginkan lalu saring dan minum 2 x sehari.

11. Daun Handeuleum ( Daun Ungu )

Di Madura daun handeuleum / daun ungu disebut dengan Karotong dan di Bali disebut dengan Temen. Daun ungu yang memiliki nama ilmiah Latya graptophyllum pictum L.Griffith. Jika orang tua dulu cara menikmati daun ungu ini dengan cara dijadikan lalapan mentah atau dikukus bahkan dapat dibuat sayur.

Jika digunakan untuk mengobati ambeien :

Dibutuhkan 7-8 lembar daun ungu, 1 sendok teh bubuk adas dan setengah ruas jari pulosari. Kemudian rebus dengan 2 gelas air ( 500 ml ), masak dengan menggunakan api kecil, rebus hingga tersisa air 1 gelasa saja. Untuk penderita wasir stadium 3 dan 4, minum ramuan ini 3 x sehari. Sedangkan untuk wasir ringan, minum air rebusan tersebut 2-3 kali sehari. Untuk lebih nikmat, dapat ditambahkan seiris temulawak dalam rebusan tadi.

12. Tapai

Makan tapai yang terbuat dari ketela atau singkong maupun tapai ketan sampai waktu 3 hari. Apabila sudah keluar darah dari anus/dubur, darah akan berhenti/mampet dan kemungkinan dalam waktu 1 minggu akan sembuh. Namun disarankan agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi tapai ketan atau tapai singkong karena mengandung ragi, apabila telalu banyak makan tapai akan membuat lambung terasa panas.

13. Daun Salak

Jika Anda mengalami ambeien/wasir yang belun parah atau masih menunjukan gejala, Anda dapt segera mengatasinya dengan menggunakan 3 lembar daun salak, cuci bersih, kemudian rebus dengan 1 gelas air sampai medidih, lalu saring. Dapat dicampur dengan gula merah atau gula aren. Minum 2 x sehari pada pagi dan malam hari. Lakukan secara rutin.


=====================================

>>> Obat Ambeien (Wasir) Untuk Mengobati Ambeien, Mengurangi Pembengkakan dan Menghilangkan Rasa Nyeri Akibat Ambeien, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Ambeien and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>